Sholat Jenazah

materipelajaranaswaja.com

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.


www.materipelajaranaswaja.com- Tata Cara Sholat Jenazah laki-Laki dan perempuan. Agama Islam mengatur adab dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan, dalam hal memperlakukan jenazah. Seperti yang kita tahu sebelum di makamkan, dalam agama Islam jenazah terlebih dahulu harus dimandikan, dikafani, kemudian disholatkan. Oleh karena itu, penting bagi umat islam, terutama laki-laki untuk mengetahui tata cara melakukan sholat jenazah.

Hukum melakukan sholat jenazah adalah fardhu kifayah, artinya bisa menjadi wajib apabila belum ada yang melakukan. Sehingga, setiap umat islam sebaiknya menguasai tata cara sholat jenazah berikut bacaannya.

Meski hukumnya fardhu kifayah, namun ada sebuah hadis yang menyebutkan keutamaan sholat jenazah ketika sedang melayat.

"Barang siapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth. Ada yang bertanya, Apa yang dimaksud dua qiroth? Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam lantas menjawab, Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar". (HR. Bukhari dan Muslim)

1. Tata Cara Sholat Jenazah

Selain hukumnya, ada hal lain yang layak jadi perhatian dalam melakukan sholat jenazah, yaitu tata cara sholat jenazah. Sebab, cara melakukan sholat jenazah berbeda dengan saat melakukan sholat fardhu atau sholat sunah lainnya. Pada sholat jenazah tidak terdapat gerakan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sebagainya.

Bahkan, dalam melakukan sholat jenazah bagi jenazah laki-laki dan jenazah perempuan, tata caranya juga berbeda. Tidak hanya tata cara, melainkan juga pada bacaannya pun berbeda.

Namun, sama halnya sholat dan ibadah lainnya, sholat jenazah juga mempunyai rukun-rukun yang harus dikerjakan agar sholat jenazah yang dilakukan sah. Berikut rukun dalam sholat jenazah.

1. Membaca niat

2. Berdiri tegak (bagi yang mampu)

3. Mengumandangkan takbir sebanyak empat kali takbir

4. Mengangkat tangan pada saat takbir pertama (takbiratul ikhram)

5. Membaca surah Al Fatihah

6. Membaca sholawat Nabi

7. Membaca doa untuk jenazah

8. Salam

Rukun tersebut harus dilakukan secara urut saat mendirikan sholat jenazah.

2. Tata Cara Sholat Jenazah untuk Jenazah Laki-Laki dan perempuan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan antara tata acara sholat jenazah untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan. Perbedaan pertama, pada pelaksanaan sholat jenazah untuk jenazah laki-laki, imam sholat jenazah berada sejajar di kepala jenazah.

Selain itu, hal lain yang membedakan sholat jenazah laki-laki dan perempuan terletak pada tata cara dan bacaan niat dan doanya. Berikut tata cara dan bacaan niat sholat jenazah laki-laki.


1. Membaca Niat untuk Sholat Jenazah laki-laki dan perempuan


2. Membaca takbir pertama, dilanjutkan membaca al fatihah


3. Membaca takbir kedua, dilanjutkan sholawat:


4. Membaca takbir ketiga,


5. Membaca takbir keempat,


6. Melakukan salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri dalam posisi tetap berdiri.


Itulah tata cara melakukan sholat jenazah bagi jenazah laki-laki dan jenazah perempuan, awas jangan sampai tertukar bacaan doanya ya

Kemudian kerjakan soal-soal berikut ini dengan mengklik alamat web dibawah ini

Soalan Materi Sholat Jenazah

Sekian penjelasan tentang sholat jenazah.

Wallaahu a'lam bish-showab
Wassalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sholat Jenazah"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest Posts

Cari Blog Ini

Ads 970x90

Paling Dilihat