Pertanyaan Mengenai Mua'amalah


Kerjakan soal berikut ini di selembar kertas. Cukup ditulis jawabannya.
Soal ada 15 nomor, kerjakan dengan baik dan yang teliti.
  1. Nabi Muhammad Saw bersabda sebagai berikut “Sesungguhnya sebaik-baik kamu, ialah yang sebaik-baiknya ketika membayar utang.” (sepakat ahli hadis). Abu Hurairah ra. berkata,”Rasulullah saw. telah berutang hewan, kemudian beliau bayar dengan hewan yang lebih besar dari hewan yang beliau utang itu, dan Rasulullah saw. bersabda, ”Orang yang paling baik di antara kamu ialah orang yang dapat membayar utangnya dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).
Dari hadist tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ….
Jawab :                                                                       
  1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.      Tidak boleh mempergunakan cara-cara yang batil.
2.      Tidak boleh melakukan kegiatan riba.
3.      Tidak boleh dengan cara-cara dzalim (aniaya).
4.      Tidak boleh berkata jujur apa adanya.
5.      Tidak boleh mempermainkan takaran, timbangan, kualitas, dan kehalalan.
6.      Tidak boleh dengan cara-cara spekulasi/berjudi.
7.      Tidak boleh melakukan transaksi jual-beli barang haram.
Dari pernyataan diatas yang bukan merupakan hal-hal yang boleh dilakukan muslim dalam melakukan transaksi ekonomi, seperti jual-beli, sewa-menyewa, utangpiutang, dan pinjam-meminjam adalah ….
Jawab :                                                                       
  1. Andi adalah seorang pedagang yang melakukan penjualan ikan laut di pasar. Andi menjadi pedagang sudah lebih dari 10 tahun. Andi memiliki istri dan 3 anak yang masih kecil-kecil. Setiap hasil dari berdagang, uangnya selalu digunakan untuk membeli keperluan keluarga. Andi memang pedagang yang jujur dan melaksanakan tata car jual beli yang benar sesuai ajaran Agama Islam. Allah SWT berfirman yang “Artinya:”... dan Allah Swt. telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba...” (Q.S. al-Baqarah/2: 275). Dari kisah tersebut dapat diambil hikmah bahwa Andi adalah ….
Jawab :                                                                       
  1. Pak Abian mempunyai istri dan dua anak. Beliau memiliki toko sembako di sebelah rumah Riski. Tokonya sangat besar dan yang dijual di took tersebut sangat lengkap sekali. Mulai dari keperluan keluarga maupun pribadi. Riski baru berumur 9 Tahun namun sudah mempunyai usaha kecil-kecilan yaitu menjual ikan hias jenis cupang. Jika dilihat dari syarat jual beli itu adalah adanya penjual dan pembeli, maka dari kisah tersebut pernyataan berikut ini yang tepat adalah ….
a.       Toko Pak Abian sangat sukses dan menguntungkan sekali
b.      Riski anak yang cerdas dan juga pintar berdagang
c.       Istri dan anak ikut menjual dagangan Pak Abian
d.      Pak Abian memenuhi syarat dalam jual beli karena sudah baligh
e.       Riski mendapat ringking yang bagus disekolahannya
  1. Dalam kegiatan jual beli Uang dan barangnya harus bermanfaat, milik sendiri dan haruslah halal dan suci. Haram menjual arak dan bangkai, begitu juga babi dan berhala, termasuk lemak bangkai tersebut. Jelaskan bagaimana jika barang yang dijual tersebut tidak memiliki manfaat dan bukan milik sendiri!
Jawab :                                                                       
  1. Khiyar adalah bebas memutuskan antara meneruskan jual-beli atau membatalkannya. Islam memperbolehkan melakukan khiyar karena jual-beli haruslah berdasarkan suka sama suka, tanpa ada unsur paksaan sedikit pun. Penjual berhak mempertahankan harga barang dagangannya, sebaliknya pembeli berhak menawar atas dasar kualitas barang yang diyakininya. Rasulullah saw. bersabda, “Penjual dan pembeli tetap dalamkhiyar selama keduanya belum berpisah. Apabila keduanya berlaku benar dan suka menerangkan keadaan (barang)nya, maka jual-belinya akan memberkahi keduanya. Apabila keduanya menyembunyikan keadaan sesungguhnya serta berlaku dusta, maka dihapus keberkahan jual-belinya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dari pengertian Khiyar tersebut, maka menurutmu hikmah melakukan Khiyar adalah ….
Jawab :                                                                       
  1. Dikisahkan pada zaman Khalifah Umar bin Khattab, ada seorang ibu dan putrinya yang pekerjaan sehari-harinya adalah menjual susu. Pada suatu malam sang Ibu berkata kepada putrinya, “Campurkan susu murni ini dengan air agar jumlahnya lebih banyak. Kita akan untung banyak juga.” Dengan wajah kaget sang putri berkata, “Jangan, Bu, Khalifah Umar melarang itu.” Sang Ibu berkata, “khalifah Umar tidak akan melihat kita.” Mendengar jawaban ibunya sang putri spontan berkata,”Memang khalifah tidak melihat kita, tetapi Allah Swt. melihat perbuatan kita.” Tanpa sepengetahuan mereka, Khalifah Umar yang sedang berkeliling mengontrol rakyatnya mendengar perbincangan itu. Dalam hati khalifah bergetar, dan memuji kejujuran perilaku gadis itu, “Subhanallah, sunguh mulia akhlak gadis itu.”
Apa hikmah dari kisah penjual susu tersebut ….
Jawab :                                                                       
  1. Riba adalah bunga uang atau nilai lebih atas penukaran barang. Hal ini sering terjadi dalam pertukaran bahan makanan, perak, emas, dan pinjam-meminjam. Riba, apa pun bentuknya, dalam syariat Islam hukumnya haram. Sanksi hukumnya juga sangat berat. Diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan bahwa, “Rasulullah mengutuk orang yang mengambil rib±, orang yang mewakilkan, orang yang mencatat, dan orang yang menyaksikannya.” (HR. Muslim). Dengan demikian, semua orang yang terlibat dalam riba sekalipun hanya sebagai saksi,  terkena dosanya juga.
Jelaskan bagaimana cara menghindari Riba agar kita tidak berdosa!
Jawab :                                                                       
  1. Utang-piutang adalah menyerahkan harta dan benda kepada seseorang dengan catatan akan dikembalikan pada waktu kemudian. Tentu saja dengan tidak mengubah keadaannya. Misalnya utang Rp100.000,00 di kemudian hari harus melunasinya Rp100.000,00. Memberi utang kepada seseorang berarti menolongnya dan sangat dianjurkan oleh agama. Untuk menghindari kesalahan dalam melakukan utang piutang maka jelaskan cara agar tidak terjadi keributan dikemudian hari!
Jawab :                                                                       
  1. “Sesungguhnya sebaik-baik kamu, ialah yang sebaik-baiknya ketika membayar utang.” (sepakat ahli hadis). Abu Hurairah ra. berkata, ”Rasulullah saw. telah berutang hewan, kemudian beliau bayar dengan hewan yang lebih besar dari hewan yang beliau utang itu, dan Rasulullah saw. bersabda, ”Orang yang paling baik di antara kamu ialah orang yang dapat membayar utangnya dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi). Dari hadist tersebut hikmah melakukan utang piutang adalah….
Jawab :                                                                       
  1. Sewa-menyewa dalam fiqh Islam disebut ijarah, artinya imbalan yang harus diterima oleh seseorang atas jasa yang diberikannya. Jasa di sini berupa penyediaan tenaga dan pikiran, tempat tinggal, atau hewan. Sebagai contoh adalah rental mobil. Kita meminjam mobil di rentalan dengan membrikan biaya sewa yang sudah ditentukan yang mempunyai rental mobil tersebut.
Jelaskan manfaat melakukan usaha sewa menyewa!
Jawab :                                                                       
  1. Jelaskan syarat dan rukun sewa menyewa!
Jawab :                                                                       
  1. Jelaskan pengertian Bank dan contoh Bank di Indonesia!
Jawab :                                                                       
  1. Jelaskan perbedaan bank Konvesional dengan bank Islam atau Bank Syari’ah dan berikan contoh kepada masing-masing Bank!
Jawab :                                                                       
  1. Jelaskan pengertian Asuransi dan berikan contoh perusahaan yang bergerak dibidang Asuransi!
Jawab :                                                                       

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertanyaan Mengenai Mua'amalah"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest Posts

Cari Blog Ini

Ads 970x90

Paling Dilihat