Pertanyaan Materi Tahlil




Kerjakan soal berikut ini di selembar kertas. Cukup ditulis jawabannya.
Soal ada 15 nomor, kerjakan dengan baik dan yang teliti.

  1. Jelaskan pengertian dzikir secara bahasa dan istilah !
Jawab : ……………………
  1. Jelaskan maksud dari tata cara berdzikir dengan mengucapkan Subhanalloh sebanyak 33X, Alhamdulillah sebanyak 33X, Alloohuakabar 33X dan Laaillaha illallooh sebanyak 99X !
Jawab : ……………………
  1. Jelaskan makna dari bacaan rangkain tahlil ‘irhamna ya arhama roohimiin’!
Jawab : ……………………
  1. Jelaskan makna dari bacaan rangkain tahlil "Subhanallah wabihamdihi, subhanallahil 'Adzhim"!
Jawab : ……………………
  1. Jelaskan sejarah dan beografi Syech Abdul Qodir al Jailani !
Jawab : ……………………
  1. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad Saw bersabda “Apabila kamu melewati taman-taman surga makan dan minumlah sampai kenyang. Para sahabat lalu bertanya, "Apa yang dimaksud taman-taman surga itu, ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Kelompok zikir (Kelompok orang yang berzikir atau majelis taklim)." (HR. Tirmidzi dan Ahmad).
Dari hadist tersebut, hikmah apa yang bisa kamu petik didalamnya!
Jawab : ……………………
  1. Nabi Muhammad Saw bersabda “Menyebut-nyebut Allah adalah suatu penyembuhan dan menyebut-nyebut tentang manusia adalah penyakit (artinya penyakit akhlak). (HR. Al-Baihaqi).
Dari hadist tersebut dapat kita ambil hikmah bahwa ….
Jawab : ……………………
  1. Dalam sebuah hadist, Rasul Muhammad Saw bersabda “Nyanyian dan permainan hiburan yang melalaikan menumbuhkan kemunafikan dalam hati, bagaikan air menumbuhkan rerumputan. Demi yang jiwaku dalam genggamanNya, sesungguhnya Al Qur'an dan zikir menumbuhkan keimanan dalam hati sebagaimana air menumbuhkan rerumputan. (HR. Ad-Dailami).
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………
  1. Nabi Muhammad Saw bersabda “Maukah aku beritahu amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Robbmu serta lebih baik dari menerima emas dan perak dan lebih baik bagimu daripada berperang dengan musuhmu yang kamu potong lehernya atau mereka memotong lehermu? Para sahabat lalu menjawab, "Ya." Nabi Saw berkata,"Zikrullah." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
Dari hadist tersebut dapat diambil hikmahnya yaitu ….
Jawab : ……………………
  1. Nabi Muhammad Saw bersabda “Wahai Aba Musa, maukah aku tunjukkan ucapan dari perbendaharaan surga? Aku menjawab, "Ya." Nabi berkata, "La haula wala Quwwata illa billah." (Tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)." (HR. Ibnu Hibban dan Ahmad).
Jelaskan hikmah dari hadist tersebut!
Jawab : ……………………
11.  Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa yang membaca: "Tidak ada Tuhan selain Allah semata, Yang tiada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nyalah segenap kerajaan dan milik-Nyalah segala pujian serta Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu", setiap hari sebanyak seratus kali, maka dia akan mendapat pahala yang sama besarnya dengan membebaskan sepuluh orang budak dan akan dicatat untuknya seratus kebajikan serta dihapus darinya seratus keburukan. Baginya hal itu adalah satu perlindungan dari setan mulai dari pagi hari sampai sore. Tidak ada seorang pun yang lebih utama dari orang yang melakukan hal itu kecuali orang yang lebih banyak dari itu. Barang siapa yang membaca: "Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya", sebanyak seratus kali setiap hari, maka akan terhapuslah semua dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. (Shahih Muslim No.4857)
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..
  1. Hadis riwayat Abu Ayyub Al-Anshari ra.: Dari Nabi Muhammad Saw., beliau bersabda: Barang siapa yang membaca: "Tidak ada Tuhan selain Allah semata, Yang tiada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nyalah segenap kerajaan dan milik-Nyalah segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu", sebanyak sepuluh kali, maka dia laksana orang yang telah memerdekakan empat orang budak dari putra Ismail. (Shahih Muslim No.4859)
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..
  1. Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah Saw. bersabda: Dua kalimat yang ringan untuk diucapkan, tetapi berat dalam timbangan dan disukai oleh Allah Yang Maha Pengasih, yaitu: "Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Tuhan Yang Maha Agung". (Shahih Muslim No.4860)
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..
  1. Hadis riwayat Ali bin Abu Thalib ra.: Bahwa Fatimah mengeluhkan tangannya (yang terluka) akibat alat penumbuk biji-bijian. Dan Nabi saw. mendapatkan seorang tawanan (untuk dijadikan pelayan), maka berangkatlah Fatimah menemui Nabi saw. namun ia tidak menjumpai beliau tetapi ia bertemu dengan Aisyah, lalu diceritakanlah maksud kedatangannya kepada Aisyah. Ketika Nabi saw. datang, Aisyah menceritakan kepada beliau tentang kedatangan Fatimah. Nabi saw. segera menemui kami pada saat kami telah berbaring di tempat tidur, kemudian kami pun beranjak bangun ingin menghampiri beliau tetapi Nabi saw. berkata: Tetaplah di tempat kalian! Lalu beliau duduk di antara kami berdua sehingga aku dapat merasakan di dadaku dinginnya telapak kaki beliau. Kemudian beliau bersabda: Maukah kamu berdua aku ajarkan sesuatu yang lebih baik daripada apa yang kamu berdua minta yaitu ketika kalian hendak berbaring ke tempat tidur, bacalah takbir sebanyak tiga puluh empat kali, tasbih sebanyak tiga puluh tiga kali serta tahmid sebanyak tiga puluh tiga kali karena hal itu lebih baik bagi kamu berdua daripada seorang pelayan. (Shahih Muslim No.4906)
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..
  1. Kalian pasti melihat banyak masyarakat disekitar kita mengadakan acara seperti 7 hari wafatnya sodara atau 40 hari, 100 hari bahkan 1000 harinya.
Sebutkan hikmah mengadakan acara seperti itu!

Jawab : ………………………

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertanyaan Materi Tahlil"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest Posts

Cari Blog Ini

Ads 970x90

Paling Dilihat