Pertanyaan Mengenai Dzikir




Kerjakan soal berikut ini di selembar kertas. Cukup ditulis jawabannya.
Soal ada 15 nomor, kerjakan dengan baik dan yang teliti.
  1. Jelaskan pengertian Dzikir !
Jawab : ………….
  1. Jelaskan pengertian Doa !
Jawab : ………….
  1. Jelaskan pengertian Wirid !
Jawab : ………….
  1. Jelaskan pengertian Ilmu hikmah !
Jawab : ………….
  1. Jelaskan pengertian Tashawwuf !
Jawab : ………….

“Menurut Imam Syafi’i, bid’ah dibagi dua; bid’ah mahmudah dan bid’ah madzmumah”.
  1. Jelaskan pengertian bid’ah mahmudah !
Jawab : ………….
  1. Jelaskan pengertian bid’ah madzmumah!
Jawab : ………….

“Amaliah Nahdlatul Ulama salah satunya adalah melakukan TAWASUL DAN ISTIGHOTSAH”.
  1. Jelaskan pengertian Tawasul!
Jawab : ………….
  1. Jelaskan pengertian Istighotsah!
Jawab : ………….
10.  Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah Saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari. (Shahih Muslim No.4832).
Setelah membaca hadist tersebut, maka hikmah apa yang bisa kamu petik!
Jawab : ………………………
  1. Hadis riwayat Abu Hurairah ra . : Nabi Muhammad Saw . Bersabda : Allah itu memiliki sembilan puluh sembilan nama yang bagus. Barang siapa yang mampu menghafalnya, maka dia akan masuk surga. Sesungguhnya Allah itu ganjil dan Dia menyukai yang ganjil. (Shahih Muslim No.4835).
Setelah membaca hadist tersebut, maka hikmah dari hadist tersebut adalah ….
Jawab : …………………
  1. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Dari Nabi Muhammad Saw., beliau bersabda: Sesungguhnya Allah Yang Maha Memberkahi lagi Maha Tinggi memiliki banyak malaikat yang selalu mengadakan perjalanan yang jumlahnya melebihi malaikat pencatat amal, mereka senantiasa mencari majelis-majelis zikir. Apabila mereka mendapati satu majelis zikir, maka mereka akan ikut duduk bersama mereka dan mengelilingi dengan sayap-sayapnya hingga memenuhi jarak antara mereka dengan langit dunia. Apabila para peserta majelis telah berpencar mereka naik menuju ke langit. Beliau melanjutkan: Lalu Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung menanyakan mereka padahal Dia lebih mengetahui daripada mereka: Dari manakah kamu sekalian? Mereka menjawab: Kami datang dari tempat hamba-hamba-Mu di dunia yang sedang mensucikan, mengagungkan, membesarkan, memuji dan memohon kepada Engkau. Allah bertanya lagi: Apa yang mereka mohonkan kepada Aku? Para malaikat itu menjawab: Mereka memohon surga-Mu. Allah bertanya lagi: Apakah mereka sudah pernah melihat surga-Ku? Para malaikat itu menjawab: Belum wahai Tuhan kami. Allah berfirman: Apalagi jika mereka telah melihat surga-Ku? Para malaikat itu berkata lagi: Mereka juga memohon perlindungan kepada-Mu. Allah bertanya: Dari apakah mereka memohon perlindungan-Ku? Para malaikat menjawab: Dari neraka-Mu, wahai Tuhan kami. Allah bertanya: Apakah mereka sudah pernah melihat neraka-Ku? Para malaikat menjawab: Belum. Allah berfirman: Apalagi seandainya mereka pernah melihat neraka-Ku? Para malaikat itu melanjutkan: Dan mereka juga memohon ampunan dari-Mu. Beliau bersabda kemudian Allah berfirman: Aku sudah mengampuni mereka dan sudah memberikan apa yang mereka minta dan Aku juga telah memberikan perlindungan kepada mereka dari apa yang mereka takutkan. Beliau melanjutkan lagi lalu para malaikat itu berkata: Wahai Tuhan kami! Di antara mereka terdapat si Fulan yaitu seorang yang penuh dosa yang kebetulan lewat lalu duduk ikut berzikir bersama mereka. Beliau berkata lalu Allah menjawab: Aku juga telah mengampuninya karena mereka adalah kaum yang tidak akan sengsara orang yang ikut duduk bersama mereka. (Shahih Muslim No.4854).
Dari hadist tersebut, sebutkan hikmah apa yang bisa kamu petik!
Jawab : …………………..
  1. Iblis berkata kepada Robbnya, "Dengan keagungan dan kebesaranMu, aku tidak akan berhenti menyesatkan bani Adam selama mereka masih bernyawa." Lalu Allah berfirman: "Dengan keagungan dan kebesaranKu, Aku tidak akan berhenti mengampuni mereka selama mereka beristighfar". (HR. Ahmad).
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..
  1. Semua anak Adam pembuat kesalahan, dan sebaik-baik pembuat kesalahan ialah mereka yang bertaubat. (HR. Addarami)
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..
  1. Sesungguhnya Allah merentangkan tanganNya pada malam hari memberi kesempatan taubat bagi pelaku kesalahan pada siang hari dan merentangkan tanganNya pada siang hari memberi kesempatan taubat bagi pelaku kesalahan pada malam hari, sampai kelak matahari terbit dari Barat (hari kiamat). (HR. Muslim)
Jelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist tersebut!
Jawab : ……………………..



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertanyaan Mengenai Dzikir"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest Posts

Cari Blog Ini

Ads 970x90

Paling Dilihat